uang

Berbicara mengenai pengalaman pertama kali mendapatkan rupiah, saya secara pribadi seperti sudah sedikit lupa uang pertama yang pernah saya hasilkan itu apa. Karena dimasa kanak – kanak dulu saya sering di berikan uang orang lain entah itu sebagai upah atau itu sebagai hadiah. Namun, masih ada beberapa hal yang menurut saya itu termasuk kedalam kategori berwirausaha yang dengan usaha tersebut saya dapat menghasilkan uang.

  1. Menjual buah rempah –rempah

Semasa smp hal yang paling sering saya lakukan adalah menjual buah rempah – rempah. Alhamdulillah orang tua saya memiliki kebun yang saya rasa cukup luas untuk berkebun. Setiap pulang sekolah saya memanen buah rempah – rempah. BIasanya berbuah 1x dalam 1 bulan. Hasil yang bisa diperoleh dalam 1 kali panen itu adalah sekitar 50ribuan.

2. Install dan Merakit PC

Semasa SMK dulu, saya sering di ajak teman ke rumah nya untuk membantu menginstall dan merakit PC yang ada dirumahnya. Ketika itu saya masih menduduki bangku kelas 2 SMK. Selesai melakukan install dan merakit  PC saya sering diselipkan uang sebesar 50rbu rupiah. Ketika itu uang yang sudah besar bagi siswa smk seperti saya

3. Memasang jaringan di kantor DEPAG Kab Tanah Datar

Pengalaman ini waktu saya masih menduduki kelas 3 SMK, saya bersama 1 orang saya di ajak oleh bapak guru produktif jaringan computer di sekolah saya untuk memasang jaringan di kantor Departemen Agama Kabupaten Tanah Datar. Pemasangan ini memakan waktu hampir 4 jam dan waktu itu saya di beri uang oleh bapak guru saya lebih kurang 50rbu rupiah.

  1. Mengajar tentang media pembelajaran untuk kebutuhan belajar sekolah menengah pertama (SMP)

Ini merupakan sebuah pengalaman yang tak akan pernah terlupan oleh saya ketika masih menduduki bangku kuliah semester 2. Cita – cita ini pernah saya tulis di sebuah catatan impian waktu awal kuliah dulu. Masya Allah… cita-cita itu kesampaian juga.

Awalnya saya mengajar satu orang guru yang waktu itu sedang menempuh pendidikan s2 di kota saya. Sehabis mengajar biasa nya di kasih uang bervariasi, mulai dari 50rbu hingga 300rbu.

Mulai dari satu orang guru, kemudian berkat rahmat yang diberikan Allah yang saya ajarin bertambah hari demi hari, dan saya sudah mengajar kayak guru private gitu. Habis pulang kuliah saya langsung menuju rumah guru – guru yang akan saya ajarkan. Rumahnya dari tempat kos –an lumayan jauh lah . Jarak tempuhnya sekitar 1 jam. Kalau menggunakan transportasi umum itu dengan 2x naik angkot. Enaknya, kalau nyampe di rumah nya kita disediain makanan buat makan siang, kalau pulangnya diantar pake mobil pribadi mereka.

Ada sebuah pengalaman yang paling membuat saya tersentuh oleh mereka. Ketika itu saya mengajar 2orang guru. Mengajarkan tentang membuat animasi dengan macromedia flash 8. Waktu itu saya mengajar mulai sekitar jam 3 sore karena tugas mereka buat di kumpul esok harinya maka saya harus membantu mereka menyelesaikan semua tugas –tugas mereka hingga akhirnya saya tidur di rumah salah satu dari guru tersebut.  Sekitar jam 3 pagi saya di bangunin buat sahur dan kebetulan waktu itu esok harinya adalah hari kamis jadwal puasa sunnah.

Pas pulangnya juga di kasih uang sekitar 150ribu.

Kalau saya hitung-hitung dari pengalaman mengajar ini ada uang yang bisa saya kumpulkan sekitar 3jutaan

4. Menjadi pengisi materi di Acara MGMP Guru SMP IPA se Kabupaten Agam

Satu lagi menjadi pengalaman yang paling menarik dan susah buat saya lupakan, adalah menjadi pengisi materi di Acara MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Guru SMP IPA se Kabupaten Agam. Waktu itu saya masih menduduki bangku kuliah semester 4. Pengalaman yang sangat lucu, menarik dan sangat mengesankan bagi saya pribadi. Waktu itu saya sebagai seorang mahasiswa yang masih bertitle mahasiswa di suruh untuk mengajar guru – guru smp yang berusia sekitar 27 tahun hingga 50 tahun lebih. Yang paling menarikitu adalah ketika membantu memberikan penjelasan tentang materi yang saya sampaikan. Waktu itu saya menjelaskan tentang animasi dan media pembelajaran dengan macromedia flash 8. Jadi, belajarnya sambil praktek. Nah.. ketika saya ajarkan pertama guru-gurunya pada mengerti dan bisa, sekitar 10 sampai 15 menit kemudian disuruh nyoba lagi, mereka sudah pada lupa. Sungguh… dengan sabar saya menjelaskan berulang-ulang.😄

Menariknya dari semua ini, mereka membayar 1 jam mengajar itu 50rbu, jam mengajar saya ketika itu ada sekitar 16 jam dalam waktu 2 hari. Jadi, total yang bisa saya kumpulkan sekitar 800rbu rupiah.

Dan terakhir, pengalaman mengisi sebagai pemateri itu waktu saya sudah menduduki bangku kuliah semester 5. Yang saya ajarkan masih sama, guru-guru smp ipa di kabupaten agam, sumatera barat. Tapi kali ini ada tambahan ngajar untuk guru-guru smp mata pelajaran matematika. Kali ini saya diberikan penginapan di hotel, dan jam ngajar saya ketika itu ada sekitar 20 jam dalam waktu 2 hari. Jadi total yang bisa saya dapatkan dari hasil tersebut adalah  1.000.000

5. Jualan toko online

Jualan toko online merupakan sebuah usaha yang pertama kali saya lakukan bersama dengan salah satu teman saya. Ketika itu kita punya modal hanya 1.000.000 rupiah. Dengan modal seadanya dan memanfaatkan teknologi yang ada, kita berdua mencoba mengembangkan usaha melalui website dan FansPage Facebook. Ketika itu kita punya website dengan alamat  http://muslimkreatif.net (sekarang sudah bukan milik saya lagi, karena ada beberapa hal) dan FP FB kami juga beranama “Muslim Kreatif” . Alhamdulillah dari usaha ini modal kami yang 1 juta sekarang sudah menjadi 1.700.000 lebih. Tapi karena kebutuhan buat menyambung kuliah di ITB dan kebutuhan buat berangkat ke pulau jawa akhirnya kami memutuskan untuk off sejenak dari usaha ini dan modal dan keuntungan di bagi dua.

  1. Jasa Pembuatan Website

Selain dari usaha jualan toko online, saya juga mengembangkan usaha pembuatan website, alhamdulillajhh dengan jasa ini saya mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Saat ini website yang telah saya kerjakan sudah terbilang cukup banyak . Dan di bayar dengan harga yang bervariasi. Mulai dari 700rbu, 800rbu dan jutaan rupiah.

Saat ini saya mencoba mereliasisasikan impian saya untuk membuka jasa website ini dengan merilis sebuah usaha kecil yang kami beri nama “Programmer Muslim” (website : http://programmermuslim.com , FP : programmermuslim). Dan Alhamdulillah saat ini ada beberapa orang yang mulai memberikan kepercayaan kepada kami. Insya Allah bisa menjadi lebih professional kedepannya.

6. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Satu lagi usaha yang telah saya tekuni adalah pembuatan media pembelajaran interaktif, dengan usaha ini saya juga mendapatkan keuntungan yang lumayan cukup besar. Selama pembuatan 4 buah media pembelajaran ini saya dapat mengumpulkan uang sekitar 3.000.000 rupiah.

7. Bekerja sebagai Staff IT di Radio Ray

Pekerjaan yang pernah saya lakoni adalah sebagai Staff IT di Radio Ray (http://radiorayfm.com) . Radio Ray merupakan sebuah radio komunitas yang bergerak didalam menyebarkan agama islam. Saya bekerja lebih kurang selama 3 bulan. Semenjak bulan juni 2013 lalu hingga bulan agustus. Waktu itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Politeknik Universitas Andalas dan mengerjakan Tugas Akhir. Alhamdulillah berkat kemudahan yang diberikan oleh Allah, saya bisa menjalankan pekerjaan dengan baik dan bisa lulus tepat waktu. Dan juga mendapatkan prestasi sebagai “LULUSAN TERBAIK”. Saya mengambil keputusan untuk berhenti dari sana setelah saya dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa D4 ITB. Alhamdulillah selama disana saya mendapatkan uang sebesar 1.500.000.

8. Menjadi Pegawai Kebersihan Sekolah SD DAR EL IMAN

Pekerjaan ini sebenarnya bukanlah pekerjaan utama yang saya lakoni. Pekerjaan ini saya lakoni ketika saya masih bekerja di Radio Ray, waktu itu saya diminta oleh teman saya untuk menggantikan pekerjaan sebagai pegawai kebersihan sekolah SD DAR EL IMAN. Selama bekerja disana saya mendapatkan uang sebesar 600.000

Secara pribadi banyak hal yang paling berkesan dari pengalaman saya selama ini, sebut saja ketika mengajarkan orang lain tentang suatu ilmu, Masya Allah… ada –ada saja rezeki ytang diberikan oleh Allah. Misalnya adanya orang yang memberikan saya laptop,membelikan tas, baju, dan lain sebagainya.

Dan dari usaha ini, Alhamdulillah saya juga bisa membantu meringankan beban bapak saya. Dengan tidak terlalu membebankan mereka untuk uang kuliah, membelikan mereka baju untuk pakaian di hari raya, membelikan susu buat saya . Dan sekarang saya berusaha mengembangkan ilmu yang saya punya untuk mengembangkan usaha saya, karena semakin besarnya dana yang saya butuhkan untuk melanjutkan kuliah. Mudah-mudahan Allah mudahkan untuk semua ini. Aamiin ya Allah..

Bidang yang menarik bagi saya  adalah :

  1.  Bidang IT, karena tidak membutuhkan tempat yang khusus, hanya bermodalkan skill dan di masyarakat pun IT semakin dibutuhkan.  Hal yang paling menarik di IT yang ingin saya kembangkan adalah di bidang website, media pembelajaran interaktif, android developer, trainer IT.
  2. Menjadi guru / dosen/ pengajar

Sebuah cita-cita semasa kecil yang sangat saya dampakan sekali. Dilatarbelakangi dari masih minimnya pendidikan di setiap pelosok negeri Indonesia tercinta ini, ingin sekali saya untuk mengembangkan duni pendidikan ini. Terlebih saya di pelosok negeri. Dan yang termasuk cita-cita terbesar saya adalah mengajar di pulau papua. Ingin sekali merasakan bagaimana pendidikan mereka disana. Dan ingin membantu mereka untuk bangkit dari ketertinggalan mereka didalam bidang pendidikan. Saat ini saya telah mencoba bergabung di sebuah komunitas yang ada di Indonesia yakni Indonesia Mengajar, tetapi mungkin belum kesempatan untuk merasakan menjadi pengajar di pelosok negeri.

3. Bidang sosial dan agama

Didalam bidang sosial saya sangat tertarik untuk membantu orang – orang yang lemah dari segi fisik dan ekonomi. Saya sangat prihatin akan banyak nya orang tua yang di usia lanjutnya tidak diperhatikan oleh anak-anaknya . Banyak di lingkungan sekitar yang saya temui ketika ibu atau bapak mereka telah menjadi tua renta, sedangkan anak-anaknya telah sukses di rantau orang. Mereka biarkan orang tua nya sendiri saja. Sangat miris sekali. Dari sinilah saya tertarik untuk membuat sebuah panti asuhan buat anak-anak terlantar dan lansia. Mudah2an suatu saat Allah kabulkan. Aamiin ya Rabbal Aalamiin..

Kalau dibidang agama, saya sangat tertarik sekali bagaimana setiap individu islam itu mengerti dan paham dengan agama islam, serta menjalankan dan mengamalkan ajaran islam dengan benar sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah. Dan pada saat ini saya mencoba untuk mewujudkan semua ini dengan membuat sebuah komunitas Dakwah Minang (FP : Dakwah Minang, website : http://dakwahminang.com) dan saya juga ingin membuat aplikasi – aplikasi islami yang bisa bermanfaat untuk ummat islam. Semoga  Allah mudahkan semua ini. Aamiin ya Rabbal Aalamiin.

4. Bidang Pendidikan

Secara pribadi, saya sendiri sangat menyukai ilmu. Baik ilmu umum maupun ilmu agama islam. Bagi saya, ilmu sangat penting. Dengan ilmu kita dapat mengetahui segala sesuatu, dengan ilmu kita akan menjadi orang-orang yang di tinggikan derajatnya di sisi Allah dan tentunya ilmu tentang ajaran agama islam.

Alhamdulillah selama masa pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMK, dan Perguruan Tinggi saya diberikan kemudahan dan kelebihan oleh Allah. Ketika SD saya mendapatkan juara 2,3,4. Ketika SMP saya mendapatkan juara Umum, Ketika SMK saya juga nmendapatkan Juara Umum. Dan Alhamdulillah ketika itu saya diberikan reward oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat untuk melakukan studi banding ke Malaysia-Singapore di tahun 2009. Dan semua administrasi nya di berikan secara gratis oleh pihak Bupati. Dan Di Perguruan Tinggi (DIII) saya  Alhamdulillah mendapatkan prestasi sebagai lulusan terbaik di jurusan saya.

Mudah2an kedepannya saya dapat mengukir prestasi kembali. Aamiin ya Rabbal Aalamiin.