Kali ini saya akan membahasa tentag Bahasa pemrograman C/C++. Banyak teman2ku yang tanya apa sich perbedaan bahasa C dan bahasa C++?? Trus ada lagi yang tanya kenapa dalam pemrograman C++/C yang saya cari di mbah. Google itu kebanyakan menggunakan cout(). Kenapa waktu saya di dalam kelas perkulihan di ajarkan yang menggunakan ouput printf(). sebenarnya apa sich perbedaan dari cout() dan printf()itu??
Masing-masing perintah tersebur mempunyai perbedaan misalnya pada pencetakan variabel, maka pada printf() harus dimasukan string penandanya, sedangkan padacout() haru dipisahkan dengan tanda <<. pustaka yang harus dimasukan untuk masing-masing perintah juga berbeda yakni pada printf() harus ada #include<stdio.h>, sedangkan pada cout() harus ada <iostream.h>.
Selain output printf() dan cout() ada namanya masukan/input, di dalam printf()inputnya adalah scanf(), sedangkan di cout() inputnya adalah cin(). Apa sich perbedaan antara scanf() dan cin()?? perbedaannya adalah pada scanf() harus dimasukan format scanf() yang sudah ditertukan contohnya %s, sedangkan pada cin() harus dipisahkan dengan tanda >>.
okay dari pada panjanga lebar lebih baik kita lihat di TKP. ……
Example:  printf()/scanf()
menghitung Volume kubus. 
Ingat di  include nya di tambahkan stdio.h dan conio.h

#include
#include
main(){
int a,b;
printf(“Menghitung Volume Kubus\n\n”);
printf(“Masukan sisi kubus : “);
scanf(“%d”,&a);
b = a*a*a;
printf(“Jadi volume Kubus adalah : %d “,b);
getch();
}

Example:  cout()/cin()
Ingat di  include nya di tambahkan stdio.h dan conio.h  dan  iostream.h 
#include
#include
#include
main(){
int s, vol;
cout<<“Menghitung Volume kubus”<   cout<<“Masukan sisi kubus : “;
cin >> s;
vol = s*s*s;
cout<<“Jadi Valume kubus adalah : “<   getch();
}

sebenarnya antara keduanya tidak ada perbedaannya sama2 untuk perintah output, hanya dalam penulisan codingnya saja yang berbeda. Lebih simple dan enak di pahami menggunakan yang mana silahkan teman2 pilih dech.Semoga informasi ini berguna…

salam IT
Salam from tdvdonny.