c

1.Sekilas perkembangan bahasa C

Bahasa C merupakan pengembangan dari Bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C untuk pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ritchie pada tahun 1972. Bahasa C, pada awalnya dioperasikan diatas system operasi UNIX.
Bahasa C adalah merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat tinggi dengan perintah Assambly. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star dan lain- lain. Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang dinamakan “C with Clasess” yang berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Penambahan yang terdapat pada C++ ini adalah object oriented programming (OOP) yang mempunyai tujuan utamanya adalah membantu membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks.
2. Dasar – dasar pemrograman C++Integrated Developtment Environtment (IDE) pada Microsoft Visual C++ 2008 telah dilengkapi dengan faislitas untuk membuat kode sumber (source code), kompilasi (compiler) untuk file project, penghubung (linker) antar kode sumber dan sekaligus menguji program C++ yang dibuat. Dalam IDE Visual C++ 2008 terdapat beberapa komponen pendukung utama yaitu editor, compiler, linker dan pustaka (library).
Editor menyediakan sebuah media atau lingkungan interaktif untuk membuat dan mengedit kode sumber c++. Pada editor juga dilengapi dengan fasilitas warna untuk membedakan berbagai baris perintah (syntax highlighting) yang bertujuan untuk membantu programmer dalam membuat dan menganalisa kode sumber C++ yang sedang dibuat.
Compiler berfungsi untuk mengubah kode sumber menjadi kode objek maupun file eksekusi dengan ekstensi .exe. Compiler juga dapat mendeteksi serta melaporkan bila terjadi kesalahan (error) pada suatu saat proses kompilasi dilakukan. Compiler dapat mendeteksi berbagai kesalahan yang terjadi pada baris kode program c++ dengan baik sesuai dengan struktur pemrograman C++ yang telah ditentukan.
Linker berguna untuk menghubungkan berbagai modul yang dihasilkan oleh compiler dan menambah moduk dari library yang disertakan dalam visual C++. Linker dapat juga melaporkan kesalahan yang terjadi selama proses penggabungan file dilakukan, misalnya jika terjadi kehilangan file atau komponen library yang dibutuhkan.
Library merupakan sekumpulan rutin yang dibuat untuk mendukung dan menambah kehandalan bahasa c++ sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Standard library c++ sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Standard library c++ pada program Microsoft Visual C++ 2008 adalah disesuaikan dengan compiler yang memenuhi standard ISO dan ANSI C++.