Jalal_dan_istri1

Hidayatullah.com—Kecewa dengan kegagalan peringatan Asyuro yang tak mendapat izin kepolisian di Bandung, tokoh Syiah Jalaluddin Rakhmat mengaku akan mengadu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM).

Selain akan mengadu ke Komnas HAM, Jalal, demikian panggilan Ketua Dewan Syuro Ikatan Jamaah Ahlulbait Indonesia (IJABI) juga akan melapor ke Menko Polhukam terkait pembubaran paksa peringatan hari Asyuro di beberapa daerah.

“Ini terkait peringatan Asyuro di Bandung, artinya kita sudah mengikuti seluruh prosedur dan Kapolsek sudah menyatakan tidak keberatan, tetapi ternyata dipermasalahkan dan terpaksa pindah,” kata Jalaluddin dikutip BBC Indonesia.

Kepada BBC Indonesia, Jalal, mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun laporan dan rencananya akan disampaikan ke Komnas HAM Senin (18/11/2013) pekan depan.

“Daerah lain seperti di Jakarta diserbu di saat-saat akhir acara, di Makassar juga diserbu dengan kelompok bersenjata tajam. Polisi datang terlambat walau ancaman sudah diketahui polisi sebelumnya, sehingga jatuh korban luka-luka.”

Seperti diketahui, perayaan Asyuro kaum Syiah di beberapa kota nyaris gagal karena keberatan banyak elemen Islam.

Di Bandung, sejumlah laporan menyebutkan bahwa Polrestabes Bandung tidak mengizinkan acara digelar di Gedung Istana Kana, Kawaluyaan. Kaum Syiah akhirnya memindah lokasi ke SMA Muthahari milik Jalaluddin Rakhmat.

Di sejumlah daerah acara serupa juga mendapat penolakan warga. Surabaya acara dibubarkan . Di Makassar acara diserbu dan dibubarkan massa. Di Yogyakarta perayaan dihentikan di tengah acara

Masyarakat yang menolak acara ini berpendapat, acara Asyuro sarat dengan materi memecah-belah karena di dalamnya dinilai ada cacian pada para Sahabat-sahabat Nabi.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

sumber : http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/16/7315/tak-sukses-rayakan-asyuro-jalaluddin-rakhmat-akan-lapor-komnas-ham-hari-senin