Bismillah.. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bahasa pemrograman c++ dengan menggunakan visual studio 2012. Dan kali ini merupakan contoh program pertama dengan menggunakan program pertama visual c++ 2012

Berikut ini adalah contoh programnya

1_1

 

Pada program coding 1 Modul 1_1 diatas tampak bahwa pada baris 1 hingga baris 6 merupakan komentar karena ditandai dengan tanda /* …. */ sehingga pada saat program tersebut running maka komentar tersebut tidak akan ditampilkan. Selanjutnya pada baris 8 merupakan sebuah preposessor yang ada pada bahasa c++. Dengan menambahkan preprosessor #include menginstrusikan agar file header dengan nama iostream dimasukkan kedalam file program C++.

Pada baris 9 terdapat sintaks int main() yang merupakan fungsi utama dari program C++. Setiap program C++ harus memiliki fungsi main(). Cakupan fungsi main dimulai dengan kurung kurawal pembuka ( { ) yang terdapat pada baris 9 dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal penutup ( } ) yang terdapat pada baris 14.

Statement std::cout pada baris 10 dan 11 berfungsi untuk menampilkan keluaran (output) ke layar monitor. Statement std::cout ini hanya akan dikenali jika library yang bernama iostream terdaftar

dalam baris program.

Statement system(“pause”); yang terdapat pada baris 12 berfungsi agar program berhenti menampilkan output. Sehingga ketika program tersebut running tampilan output tetap ada hingga di tekan tombol enter atau jendela close.

Statement return 0; yang terdapat pada baris 12 menyataka bahwa fungsi main berakhir pada baris ini.

 

Output program :

output 1_1