1c

 

Salah Satu Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Perbatasan

2c

Bila kita melihat di Peta Indonesia, Daerah – daerah dan pulau – pulau yang ada di Indonesia sangat banyak berbatasan langsung dengan Negara lain seperti Malaysia, Singapore, Brunei Darusalam, Filiphina, Myanmar, Australia, Timor leste, dan lainnya.

Diantara pulau Indonesia yang banyak berbatasan dengan Negara tetangga adalah pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Utara. Bila kita berkunjung ke Kalimantan utara, jangan lupa sempatkan berkunjung ke pulau sebatik. Pulau terluar Indonesia. Dimana disana Indonesia berbatasan langsung dengan Serawak  kucing, Malaysia timur.  Bahkan di pulau sebatik tersebut ada rumah warga yang area depannya itu Indonesia dan area dapur belakangnya milik Malaysia. Ada yang pernah bilang bahwa kalau tidurnya di Indonesia sedangkan memasak dan makannya di Malaysia. Karena apa? Karena bagian kamar tidurnya terletak di wilayah Indonesia sedangkan wilayah dapurnya terletak di wilayah Malaysia. Sangat menarik ya J

Selain itu, dari beberapa sumber dari warga yang saya dapatkan langsung bahwa bila berkunjung ke daerah Malinau, Kalimantan Utara dan terus keutaranya kita akan sampai di Negara Malaysia – Sarawak Kucing dan Negara Brunei Darusalam.

Perkembangan Negara tetangga tersebut sangat jauh berbeda dengan perkembangan di Indonesia terlebih di wilayah perbatasan.  Jangankan masalah ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, masalah pendidikan pun sangat jauh tertinggal. Hal inilah yang saya dapatkan ketika 1 minggu mengadakan pelatihan komputer dasar bagi guru – guru sekolah dasar di Kalimantan Utara tepatnya Desa Karang Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara.  Banyak diantara tenaga pengajar disana yang masih minim ilmu tentang dunia IT.  Jangankan untuk mengoperasikan komputer dengan baik, menghidupkan laptop, menjalankan program dan bagaimana mengetikpun mereka masih bingung.  Banyak diantara mereka mengakui bahwa usia yang sudah semakin tua, daya serap yang sudah sangat kurang, serta mata yang sudah tidak lagi berfungsi dengan baik menjadi faktor utama bagi mereka kesulitan untuk mengoperasikan laptop dengan baik.

3c

 

Suasana Pelatihan Komputer di SDN 008 Karang Agung

Ada diantara mereka yang belum pernah mengetik sama sekali, bahkan ada yang belum pernah menggunakan laptop. Mungkin waktu pelatihan komputer itulah mereka baru memulai menggunakannya. Ketika saya menanyakan kepada nya, beliau menjawab “ Selama ini laptop di pakai oleh anak saya,pak. Untuk mendengarkan music dan nonton video.

Begitulah segelintir potret pendidikan di wilayah perbatasan negeri ini, Kalimantan Utara. Masih banyak tugas yang musti kita selesaikan dan kita capai untuk menciptakan pendidikan yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

4c

 

Kondisi jalanan di Kalimantan Utara

5c

Selain dari tenaga pengajar, kondisi jalan lalu lintas pun masih menjadi kendala bagi siswa atau guru untuk pulang maupun berangkat ke sekolah. Masih banyak jalan lalu lintas yang berlubang, kerikil bahkan lumpur. Untuk transportasi umumpun sangat jarang ditemukan. Bila kita ingin berpergian dari satu tempat ke tempat lain, umumnya warga sekitar menggunakan sepeda motor. Semoga dengan terbentuknya sebuah provinsi baru di wilayah perbatasan Malaysia dan brunei darusalam ini yakni Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju kehidupan dan pendidikan yang lebih baik. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

Tanjung Selor, 3 Februari 2014