Dan akhirnya ! setelah mencoba dan terus mencoba akhirnya “ Yes.. Yes.. AKhirnya BISA!” ucap pak udin.

bu1

Bismillah..

Assalammualaikum Warahmatullahi wabarokatuh 🙂

Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang sosok inspirasi seorang guru yang penuh semangat dan pantang menyerah. Beliau bernama UDIN SARIFUDIN. Lahir di Karawang, 10 Januari 1976. Beliau sekarang sebagai guru di SDN 008 Tanjung Palas Tengah. Beliau memiliki moto yang sangat patut kita contoh yakni “JANGAN PERNAH MALU BERTANYA”.

Saya rasa dari motto nya ini lah bapak udin sangat semangat dan antusias didalam pelatihan yang diikuti. Saat itu saya mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dengan guru – guru di SDN 002, 007 , 008 Tanjung Palas Tengah, Kalimantan Utara. SD tersebut merupakan beberapa SD dampingan Perusahaan PT. Pesona Khatulistiwa Nusantara. 

bu3 bu2

 

Pelatihan komputer kala itu dilaksanakan selama 1 minggu dengan beberapa tempat yang bergantian. Selama mengikuti pelatihan saya sering mengamati Bapak udin yang terkadang sering mengeluh apabila materi yang saya berikan terasa amat berat bagi dirinya.  Bila ia tidak memanggil temannya kalau tidak ia memanggil saya atau teman saya langsung untuk membantu beliau. Terlebih ketika belajar Microsoft Office Excel, ketika itu belajar tentang menggunakan fungsi logika, belajar penggunaan IF dan mencoba membuat format nilai raport bagi siswa. Memang kala itu banyak peserta yang masih kebingungan dengan materi yang disampaikan, tetapi masih ada beberapa peserta yang mampu menyerap dengan baik. Dan setelah diberikan latihan mereka mampu untuk melaksanakannya meskipun masih bertanya sekali – kali kepada teman disamping mereka atau kepada kami langsung. Meskipun tampak pusing seperti itu, peserta yang terdiri dari guru – guru SD tersebut merasa sangat senang sekali.

Setelah diberikan materi pelatihan selama 5 hari berturut- turut dengan materi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power point dan di hari terakhir kami mencoba memberikan sebuah test yang untuk mengetahui bagaimana tanggapan atau reaksi dari para guru yang ikut pelatihan komputer tersebut. Selama proses test berlangsung tampak peserta yang gugup, tegang, bingung dan ada juga yang tampak santai. Test micoroft word dan powerpoint semua peserta tampak masih sangat santai, Karena materi yang di test kan masih tergolong mudah. Nah, akhirnya test Microsoft excel pun dimulai. Tampak dari wajah peserta mulai kebingungan, tidak bisa menghitung nilai huruf, nilai angka, dan lainnya. Dan begitupun dengan bapak udin. Ketika itu beliau memilih untuk duduk dibagian belakang. Saya perhatikan beliau mulai kebingungan ketika mencoba mencari rumus ketika nilai angka siswa misalnya 85 dapat A, 75 dapat B dan seterusnya. Beliau mencoba bolak – balik ke depan dan belakang melihat kepada teman depannya yang telah selesai mengerjakannya.

Dan akhirnya ! setelah mencoba dan terus mencoba akhirnya “ Yes.. Yes.. AKhirnya BISA!” ucap pak udin.

Hampir semua orang yang ada dikelas di kala itu langsung mengalihkan padangan kearah pak udin yang kala itu tampak sangat gembira karena dapat menyelesaikannya.

 

Hhm… pengalaman yang luar biasa, Semoga dapat menginspirasi kita semua untuk tidak malu mencoba dan terus berusaha J Semoga banyak bapak udin – bapak udin lainnya sebagai sosok seorang guru yang dapat kita contoh.

Terima kasih 🙂

 

Tanjung Selor, 22 Februari 2014