Terima kasih bapak…  Terima kasih bapak.. Kami Ucapakan… “

Sangat lucu sekali ya, saya jadi ingat masa kecilku waktu sekolah SD Dulu ..  Mudah-mudahan ilmu yang kami berikan bermanfaat untuk bapak dan ibu guru disini. Terima kasih atas kesabaran dan kebaikan hati para ibu – bapak sekalian. Semoga Allah rodhoi perjuangan bapak – ibu didalam mendidik anak bangsa ini … Aamiin ya Allah 🙂

 

Bismillah…

Assalammualaikum warahamtullahi wabarokatuh

 

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya mengadakan pelatihan komputer dasar di Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Perjalanan ini dimulai Pada hari senen, tanggal 27 Januari 2014. Pada saat itu saya berangkat dari Kantor Perusahaan Pesona Khatulistiwa Nusantara Tanjung Selor dengan menggunakan mobil perusahaan menuju dermaga IV Tanjung Selor yang kemudian akan bergerak menuju desa salimbatu dengan menggunakan speed boat selama lebih kurang 30 menit.

Tak lama kemudian speedboat yang kami tumpangi pun menepi di sebuah dermaga I di Desa Salimbatu. Setelah pamit kepada driver speed boat, kemudian kami berangkat menuju sebuah tempat penantian penumpang ojek disana. Setelah beberapa menit menunggu dan bertanya-tanya kepada warga sekitar bahwa jarak dari sana menuju SMP 1 Salimbatu lumayan cukup jauh. Oleh karena itu kami kembali naik ke speedboat yang kami tumpangi tadi dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke sebuah desa yang berdekatan langsung dengan SMP 1 Salimbatu.

Setelah turun dari speedboat kamipun kemudian melanjutkan perjalan menuju SMP Negeri 1 Salimbatu. Saat itu kami masih dalam kondisi membawa koper. 🙂 Istilahnya itu angkat – angkat koper. Hehe

Angkat – angkat koper ini lumayan jauh dari tempat kami turun dari speed boat tadi, setelah bertanya – Tanya ke warga sekitar akhirnya kami pun sampai di dekat SMP Salimbatu. Karena awalnya kami bingung mau menuju ke rumah siapa disana dan Bapak Iswan selaku pembimbing kami dari Perusahaan Pesona Khatulistiwa Nusantara tidak dapat hadir saat itu karena terjebak dalam perjalanan menuju kesana. Karena kondisi jalan menuju ke desa salimbatu yang masih tergolong sangat parah dengan bebatuan dan tanah yang licin sehingga sangat sulit untuk ditempuh ketika hari hujan.

Berikut ini beberapa potret ketika kami sedang melakukan angkat – angkat koper 🙂

 sb1

sb2

 

Photo – photo saya ketika sedang angkat- angkat koper

sb3

sb4

Ini adalah teman saya, namanya mas nur, kelihatannya sangat capek banget ya? 🙂 kelihatan dari tampangnya. Hahah

Tak lama perjalanan dan berhenti sejenak di Depan SMP 1 Salimbatu, akhirnya kami di telpon oleh Bapak Iswan bahwa untuk sementara kita menginap di rumah guru yang ada di dekat sekolah tersebut. Kondisi rumah yang bakal kami tempati saat itu adalah rumah papan yang sudah lama kosong karena penghuninya tak lagi disana. Guru disana pun merasa malu sebenarnya bila kami menginap disana, beliau berharap kalau ada tempat yang lebih layak, sebaiknya pindah kesana saja.

sb5

 

SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, Salimbatu

Karena waktu itu sudah hampir jam 2 Siang waktu Indonesia tengah, kami pun kemudian menitipkan barang – barang kami di tempat guru tadi, dan kemudian kami melanjutkan perjuangan ke Sekolah SMP 1 Salimbatu. Kami langsung menuju ruang pelatihan komputer yakni ruangan laboratorium, pelatihan hari pertama pun akhirnya dimulai. Setelah ditanya beberapa hal kepada guru yang akan menjadi peserta pelatihan komputer saat itu, akhirnya kami sepakat untuk hari pertama belajar powerpoint, hari kedua sampai hari ke empat belajar Microsoft excel dan hari ke lima belajar tentang internet dan hari terakhir kami melakukan evaluasi berkaitan dengan apa yang telah dipelajari. Melihat dari kemampuan guru yang hadir, Masya Allah sangat kagum sekali. Ada guru SD maupun SMP yang ada di desa salimbatu.,

sb6

Photo peserta kegiatan

sb7

Photo bersama setelah pelatihan

Selama proses pelatihan saya melihat kemampuan para guru disini sudah tergolong sangat bagus, karena ada beberapa peserta yang mampu mengerjakan beberapa latihan – latihan yang kami buat dalam waktu sangat cepat. Dan dikala test di hari terakhir pun ada juga beberapa orang guru yang mampu menyelesaikan soal dalam waktu lebih kurang 15 menit. Ini adalah hal yang sangat luar biasa saya temukan selama pelatihan di beberapa desa di Kalimantan utara ini. Singkat cerita, diakhir pelatihan hari terakhir kita diajak untuk photo bersama. Dan uniknya lagi sebelum kita pulang bapak ibu guru ini menyanyikan sebuah lagu,kira – kira seperti berikut ini liriknya :

Terima kasih bapak…  Terima kasih bapak.. Kami Ucapakan… “

 

Sangat lucu sekali ya, saya jadi ingat masa kecilku waktu sekolah SD Dulu ..  Mudah-mudahan ilmu yang kami berikan bermanfaat untuk bapak dan ibu guru disini. Terima kasih atas kesabaran dan kebaikan hati para ibu – bapak sekalian. Semoga Allah rodhoi perjuangan bapak – ibu didalam mendidik anak bangsa ini … Aamiin ya Allah 🙂