Perjalanan menuju Kalimantan Utara dimulai pada tanggal 6 Januari 2013. Tujuan perjalanan ini adalah untuk magang di Sebuah Perusahaan Tambang Batu Bara terbesar di Kalimantan Utara yakni Perusahaan Pesona Khatulistiwa Nusantara atau yang biasa disingkat PKN. Keberangkatan ini dimulai dari Bandung kemudian ke Jakarta dan Selanjutnya baru ke Tarakan , Tanjung Selor , Kalimantan Utara.

Cover copy

Dalam perjalanan ini saya bersama 3 orang rekan saya di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat ini kami sedang menempuh pendidikan D4 Jurusan Teknik Media Digital di Kampus ITB atau yang biasa disebut alih jenjang pendidikan. Karena pada tahun 2013 saya alhamdulillah telah menyelesaikan pendidikan D3 di Kampus Politeknik Negeri Padang atau yang sekarang di sebut Politeknik Universitas Andalas. Alih jenjang pendidikan ini saya ambil ketika dibukanya program kerja sama SEAMOLEC – ITB Batch 8 tahun 2013 Lalu.

Saya bersama 3 rekan saya. Mas Noer atau yang nama lengkapnya NURFIAH, Bhayang Ratu Wahyunur dan Vitria Ratna Sari saat ini sudah berada di Kalimantan Utara selama lebih kurang 2 bulan 2 minggu. Banyak hal yang menarik kita dapatkan disini. Mulai dari pengalaman mengajar guru – guru di Desa – desa, membantu adik – adik belajar komputer di Taman Baca Zona Ilmu, Bukit Indah, Pelatihan Komputer di SDN 002 Tanjung Selor, Workshop Android di SMK N 1 Tanjung Selor, Menjadi Motivator di SMK N 2 Tanjung Selor dan Kegiatan Lainnya yang cukup banyak untuk diceritakan. 🙂

Selain itu, saat ini telah kami catat lebih dari 50 sekolah dan lebih dari 200 orang guru dan siswa yang telah kami berikan pelatihan. Masya Allah.. Sungguh pengalaman yang luaaarrrr biasa.

Tak hanya pengalaman yang kami dapatkan disini, namun keindahan Alam yang cukup mempesonan membuat saya semakin betah berada disini. Disini saya merasakan indahnya langit ketika pagi dan sore hari, bisa menikmati indahnya langit dan pemandangan sungai – sungai kecil yang memisahkan satu daerah dengan daerah yang lain.

Jadwal kami berada di Kalimantan Utara ini sekitar bulan april 2014. Semoga akan banyak pengalaman dan hal – hal menarik yang dapat kami temukan disini, dan semoga kehadiran kami disini dapat bermanfaat terutama untuk Perusahaan Tempat Magang Kami tetapi juga untuk wilayah Kalimantan Utara pada umumnya. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin… 🙂

 

Tanjung Selor, 8 Maret 2013.