Bismillah…

Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah tulisan tentang bagaimana menggunakan web view pada android. Web view merupakan sebuah widget yang terdapat pada android yang berfungsi untuk menampilkan teks, table, dan sebagainya seperti pada tampilan web dan menggunakan ekstensi *.htm. Selain itu untuk menggunakan web view ini kita menempatkan file ekstensi *.htm pada folder assets yang terdapat dalam project android.

Berikut ini tutorial menggunakan web view pada android :

1. Terlebih dahulu  buat lah sebuah project android. Pada kesempatan kali ini saya membuat project android dengan nama “ProfileKaltara” sehingga apabila berhasil membuat sebuah project android akan tampil seperti ini :

wb12. Setelah proyek selesai disini saya membuat beberapa layout yang terdiri dari file *.xml dan beberapa activity yang terdiri dari file *.java. Namun yang file yang digunakan untuk penggunaan widget webview hanyalah layout_pemimpi.xml dan activity pemimpin.java

Untuk menggunakan web view  buka lah layout dari file layout_pemimpin.xml kemudian tambahkan sebuah widget webview yang terdapat di bagian widget –> composite –> web view

wb9

Drag dan drop widget web view tersebut ke dalam layout_pemimpi.xml sehingga tampak pada bagian layout_pemimpi.xml seperti dibawah ini :

wb3

Perhatikan id web view yang digunakan yakni : @+id/webView1

3. Setelah itu buat lah sebuah file yang berekstensi *.htm file ini bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft word seperti dibawah ini :

wb4

 

Kemudian simpan file tersebut dengan cara –> file –>  save as –>  pilih format : web page, filtered

wb5

 

Kemudian pilih SAVE. Setelah file pemimpin.htm selesai dibuat copy file tersebut ke project profile kaltara yang telah dibuat tadi pada folder assets sehingga tampak seperti dibawah ini :

wb64. Setelah itu buat sebuah file activity java dengan nama pemimpin.java kemudian tambahkan coding seperti dibawah ini :

wb7

 

Pada bagian yang ditandai warna merah tersebut adalah untuk pemanggilan web view pada layout yang telah kita buat tadi.

WebView wBrowser = (WebView) findViewById(R.id.webView1);

wBrowser.getSettings().setJavaScriptEnabled(true);

wBrowser.loadUrl(“file:///android_asset/pemimpin.htm”);

[/source code]

 

Setelah itu jangan lupa untuk mendaftarkan activity pemimpin.java yang telah kita buat tadi di android manifest agar activity tersebut bisa berjalan

5. Untuk melihat hasilnya silahkan run project android tersebut. Apabila berhasil maka akan tampil seperti berikut :

wb11

 

Ketika di tekan tombol Pemimpin maka akan tampil seperti dibawah ini :

wb10Demikianlah tutorial web view ini di buat, semoga Bermanfaat. Terima kasih

 

Demikianlah tu

Advertisements