Bismillah…

Assalammualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Pagi yang mendung di kota tanjung selor, kalimantan utara mengajakku untuk berfikir sedikit tentang sebuah masa depan. I don’t know why, tiba – tiba pikiran ku menuju kesini. 3 Kata ini memang tersusun rapi seolah – olah membentuk sebuah formasi baru.

K – Kuliah. Setiap orang yang sudah lepas sekolah akan mendapatkan bagaimana rasanya mengecap pendidikan di bangku kuliah. Yang tergambar dipikiran mereka adalah begitu indahnya masa – masa kuliah. Begitupun dengan diriku, aku sangat mendapatkan untuk bisa kuliah bahkan ke jenjang yang tinggi. Alhamdulillah aku sudah menjadi mahasiswa dan menempuh kuliah hingga saat ini. Pertama kuliah di Politeknik Negeri Padang, Universitas Andalas. Sebuah perguruan tingi terbesar yang ada di Sumatera Barat. Sungguh tak pernah terbayangkan aku bisa kuliah disana sewaktu masih dibangku sekolah dulu di SMK Pagaruyung, Batusangkar. Dulu ketika ditanya oleh teman – teman atau kenalan . “Ki… mau lanjut kuliah dimana? ” Aku bilang “Insya Allah ke UNAND”. Begitulah yang sering ku jawab. Meskipun aku tidak tau apakah aku bisa kuliah disana atau tidak. Alhamdulillah berkat nikmat dan karunia dari Allah subhana wa ta’ala ternyata kata – kata itu memang do’a. Alhamdulillah tahun 2010 aku bisa masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut. Lulus dalam waktu 2 tahun 10 bulan dan dengan IP semester terakhir 4.00 Alhamdulillah membawa saya untuk mendapatkan penghargaan “Lulusan Terbaik Program Studi Teknik Komputer” pada wisuda periode III tahun 2013 lalu. Setelah lulus dari sana aku Alhamdulillah diberikan kesempatan lagi untuk kuliah di Institut Negeri Bandung jurusan Teknik Media Digital. Sungguh hal yang luar biasa yang tak pernah aku pikirkan selama ini. Terima kasih ya Allah.. Sehingga kini aku berstatus sebagai mahasiswa D4 Institut Teknologi Bandung, dan kini sudah 6 bulan lebih kuliah disana. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang aku dapatkan.  Setelah lulus di Institut Teknologi Bandung Nanti insya Allah aku masih ingin melanjutkan kuliah S2. Tapi aku tak tahu kapan? karena banyak yang menjadi pertimbangan untuk lanjut kuliah langsung. Jujur, aku ingin melanjutkan kuliah S2 di Arab Saudi, King Saud University. Mudah2an ya Allah.. Aaamiin

K- Kerja. Yang menjadi tujuan dan gambaran bagi setiap orang adalah kerja. Kerja untuk menyambung hidup mereka atau untuk menghidupi keluarga ataupun diri pribadi. Pengalaman semenjak masih sekolah hingga kuliah didalam bekerja meskipun kerja hanya sedikit atau sekedar membantu orang lain kemudian diberi upah dan ada juga pengalaman kerja di sebuah yayayasn membuat aku semakin mengerti betapa besarnya peran bila menjadi seorang suami atau bapak nanti ketika telah menikah. Dan setiap orang muslim tentu menginginkan dapat pekerjaan yang halal.

N-Nikah. Nikah bagi setiap orang yang normal pasti adalah hal yang sangat di inginkan. Di dalam ajaran islam kita dianjurkan untuk menikah. Bahkan menikah menjadi separoh dari agamanya. Bagi setiap orang  laki – laki dan peremuan yang sudah menginjakkan dewasa tentu menikah adalah hal yang sudah menjadi hal yang penting. Bahkan saya pernah membaca sebuah artikel bahwa “Wanita tidak akan merasa tenang sampai ia menikah”.

Dan selain itu, menikah juga dapat mencegah diri dari berbuat zina. Bila berbuat zina adalah dosa maka menikah akan mendapatkan pahala dari Allah .

Inilah sedikit ulasan saya tentang Kuliah – Kerja – Nikah . Bila ada yang ingin tambahkan silahkan 😀

 

Sumber : http://catatan.programmermuslim.in/antara-kerja-kuliah-dan-nikah-kkn/

 

 

Advertisements