Bismillah,

Mesjid Salman ITB, 23 Juni 2014

Halo.. Halo.. Halo 😀 Ba a Kaba hari ko (Apa kabar hari ini?), dibawah rintik – rintik hujan dan udara sejuk di Kota Bandung ini, aku ingin sebuah catatan kecil tentang perjalanan beberapa waktu lalu. Sudah lama tak nulis rasanya pengen bangettt nulis cerita tentang sesuatu. Ya.. sesuatu, J Kali ini aku ingin cerita tentang “Sisi Lain Kota Bandung”.

Bagi sebagian orang mungkin kota bandung identik dengan kota yang bagus, bersih, dan hal – hal yang indah lainnya. Memang hal itu benar adanya, setelah berjalan ke beberapa sudut kota di bandung, cukup kagum dengan arsitek bangunan, tata kota, dan yang bikin sangat betah sebenarnya hingga saat ini adalah suasana yang mendukung banget bagi pelajar untuk menuntut ilmu, ya aku menilai sih dari segi biaya ya, disini sedikit lebih hemat dan murah jika di banding di kota – kota lain seperti jakarta, tangerang selatan, kalimantan dan lainnya. Disini juga cuacanya adem, sejuk, tidak terlalu panas. Ya, sangat cocoklah buat pelajar. 😀 Terlebih disini juga sangat mudah sekali untuk mencari masakan yang namanya masakan padang atau yang lebih dikenal dengan rumah makan padang.

Sangat dan sangat berjejer sekali rumah makan padang disini 😀 Apalagi kalau coba tinggal di daerah cisitu, Disitu udah kayak tinggal dipadang aja, rata – rata disana mahasiswa padang. Sehari – hari ngomong bahasa padang. Jadi, wajarlah ya kalau aku makin lancar bahasa padang dibanding bahasa sunda. Hahaha

Back to our topic, 😀 sebenarnya sisi lain dari kota yang ingin aku ceritakan disini adalah dari segi lingkungan dan tempat tinggal. Kalau aku pribadi melihat, disini sangat terlihat kontras sekali ya, yang miskin terlihat sangat miskin, yang kaya terlihat sangat kaya. Nah, example nih ya, bila kita coba jalan – jalan ke suatu perkampungan di belakang taman hewan, di dekat jalan ganesha, disana rumah numpuk banget. Yang bedain satu rumah dengan rumah yang lain mungkin hanya tembok dan atap terus jalan dengan lebah kira – kira 1 – 3 meter. Selain itu, kalau pengen ke mall ciwalk (Cihampelas Walk) yang ada di seberangnya taman hewan, kita bakal nyaksiin sendiri gimana keadaan perumahan disana.

Nah, yang paling disayangkan adalah di dekatnya atau di seberangnya berdiri gedung – gedung tinggi dengan segala kemewahannya, tapi sayangnya di sebelahnya masih ada rumah – rumah kumuh warga bahkan sungai disana tampak kotor sekali dengan tumpukan sampah. Sayang sekali ya .. 😦

DSC_0020

Perumahan kumuh dan sungai di sekitar Ciwalk

DSC_0021

Gang menuju ciwalk dari taman hewan – jalan ganesha

Nah itu beberapa penampakan yang sempat di jepret ketika berjalan ke ciwalk. Harapan saya pribadi kepada pemerintah kota bandung agar lebih mengarahkan warga nya untuk bisa hidup bersih dan tidak membuang sampah disungai. Agar bisa hidup tenang, sehat,dan nyaman. Yaaa meskipun bukan orang asli bandung tapi aku sangat cinta kota bandung, 🙂 karena bandung masih tanah airku, tanah air indonesia, Hehe 🙂

Tag : bandung # ciwalk # orang padang # rumah makan padang # indonesia # tanah air indonesia # kota bandung # sisi lain kota bandung # taman hewan # jalan ganesha# mesjid salman itb# institut teknologi bandung

Advertisements