Tinggal dan hidup di lingkungan pesantren adalah harapan baru yg pernah muncul kurang lebih semenjak awal-awal dulu sering ikut pengajian-pengajian d kota padang, dan juga berawal semenjak sering membaca novel tentang “3 warna, negeri 5 menara, buya hamka, ” dll.
Ada banyak cerita unik dan kisah yg dapat ku petik dari beberapa novel tersebut. Ya setidaknya masih banyak sisi positif yg bisa d dapatkan dari pesantren tersebut.
Dulu waktu di padang, aku juga pernah tinggal dan bekerja di lingkungan pesantren. Secara umum, ada sebuah ketenangan yg tak bisa ku lukiskan, melihat anak-anak yg semangat belajar al qur’an, pandai agama, dan Hafidz Al Qur’an membuat ku semakin bertanya ttg diriku. “apa yg sudah ku persiapkan untuk akhirat ku nanti? ”
Seriring berjalannya waktu aku mendapatkan lingkungan yg terus berubah-ubah, banyak hal-hal baru dan aneh yg ku temukan. Dan mngkin secara perlahan apa yg dulu ku pelajari juga mulai hilang.
Tapi Alhamdulillah sejauh ini, Allah masih memberikan orang-orang yg baik dalam hidupku, bos yg baik, pekerjaan yg baik insya Allah.
Dan sekarang alhamdulillah Allah takdirkan aku untuk tinggal dan hidup di lingkungan pesantren lagi. Meski secara pribadi tiap orang banyak kekurangan tapi setidaknya mereka yg berharap dan berusaja menjadi lebih baik.
Banyak hal yg dapat ku jadikan pelajaran dari sana, tentang agama, tentang kesederhaan hidup, tentang bersyukur terhadap semua keadaan.
Semoga santri di sana menjadi pribadi yg lebih, gak banyak bikin masalah-masalah lagi. 😊
Semoga menjadi santri yg sesuai dengan jargonnya “Jagoan IT pintar ngaji”
Jazakallahu khair kepada seluruh pihak pesantren, semoga menjadi pemberat amal kebaikan di akhirat kelak dan kita di kumpulkan oleh Allah di syurga nanti. Aamiin

#islam #pesantren #SMKTIMadinatulQuran #night #mesjid #bogor #jonggol #indonesia