Untuk menjadi seorang iOS Developer yang terdaftar di Apple, seseorang haruslah membayar biaya tahunan sebesar $99. Biaya ini jauh lebih mahal dari biaya registrasi akun developer platform lainnya. Lalu dengan biaya tahunan semahal itu, darimana seorang developer akan mendapatkan keuntungan?

Okey, ini adalah satu dari sekian banyak kasus pertanyaan yang sering ‘mengganggu’ saya, yang berulang-ulang diajukan oleh rekan-rekan calon developer. Agar hal ini tidak lagi ditanyakan, sebaiknya saya ungkapkan melalui tulisan ini.

Baiklah, mari kita mulai dengan melihat ke belakang, tepatnya dua tahun lalu, 2012. (Atau kamu bisa skip ke TL;DR dibagian bawah)

Saat itu Apple telah membayarkan uang sebesar $ 2,5 milyar kepada para developer [1] -dalam rentang waktu antara Januari hingga Oktober 2012.

Pada bulan Januari 2012, terdapat sedikitnya 131.221 akun developer yang terdaftar [2], dan menjelang November di tahun yang sama jumlah ini bertambah signifikan menjadi 181.664 developer.

Baiklah, jumlah itu memang kurang menarik. Saya lebih terrtarik dengan angka sebesar $2,5 milyar yang jika dibagikan secara rata dengan 186.664 developer, maka masing-masing developer akan mendapatkan USD 13.393,05, yang jauh melampaui biaya registrasi $99. Bagaimanapun, kita punya sedikit masalah: kita tidak bisa menyamakan setiap akun tersebut dengan para akun ‘raksasa’ yang jumlahnya hanya lusinan seperti Zyngas dan EA (Electronic Arts) yang menghasilkan ratusan juta dollar. Belum termasuk dalam hitungan, aplikasi-aplikasi yang muncul entah darimana asalnya mendadak terkenal dan bersaing pendapatan dengan para akun ‘raksasa’ tersebut.

Untuk itu mari kita coba singkirkan akun-akun besar ini dari penghitungan kita. Xyologic melaporkan bahwa 150 aplikasi dengan jumlah download teratas mendapatkan [4], jika digabungkan, total 17.766.800 kali download di bulan Desember 2012. Sekarang, rentang waktu yang kita akan coba amati adalah 10 bulan, dengan begitu hasilnya akan menjadi 150 aplikasi teratas tersebut mendapatkan 177.668.000 jumlah download. Lebih lanjut, kita akan mengkalikan angka ini dua kali lipat dengan memasukkan parameter iPad ataupun sejenisnya, yang memberikan kita hasil sebesar 355.336.000 total download selama 10 bulan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

Terdapat sedikitnya 352.556 aplikasi iOS berbayar yang jika jumlah harganya digabungkan sebesar USD 1.260.210,44. Ini artinya harga rata-rata aplikasi tersebut sebesar $3,57. Jadi aplikasi-aplikasi teratas tersebut menghasilkan keuntungan sebesar $1.268.549.520. Jika dipotong oleh Apple sebesar 30%, maka keuntungan yang mereka dapatkan sebesar $887.984.664. [5]

Kita sekarang punya sisa perhitungan ($2,5 milyar – $887.984.664) sebesar $1.612.015.336 untuk 186.514 sisa akun developer diluar akun top diatas, yang artinya $8.642,87 selama 10 bulan tersebut. Dengan kata lain, rata-rata developer akan mendapatkan $10.337,44 dari aplikasi berbayar mereka.

Jumlah rata-rata ini masih belum ditambah dengan semakin suksesnya aplikasi-aplikasi berbayar yang secara reguler berhasil menjual aplikasi-aplikasi mereka. Jumlah ini tidak memasukkan fakta bahwa 55% aplikasi di App Store adalah gratis. Akan sangat sulit menghitung presentasi berapa banyak developer yang mempunyai aplikasi gratis, yang, mayoritas developer biasanya memiliki lebih dari satu aplikasi -faktanya, rata-rata seorang developer memiliki sekitar (795.573 / 212.678) 4 buah aplikasi di App Store (4 adalah penggenapan dari nilai aslinya 3.7)[6].

Mari kita lihat ini dari perspektif lain. Kali ini kita akan memasukkan aplikasi gratis kedalam komponen penghitungan.

Apple mengumumkan telah terjadi 40 milyar download aplikasi iOS sampai awal tahun 2013. Setengah jumlah itu terjadi pada tahun 2012 -mari kita hitung ini sebesar 19,5 milyar. Jadi ini bisa diartikan bahwa rata-rata download punya nilai kotor sebesar ($2,5 milyar yang telah dibayarkan / 19,5 milyar download) $0,0896. Sekarang, katakanlah setiap developer memiliki 2 aplikasi gratis dan 2 aplikasi berbayar, karena aplikasi gratis memenuhi setengan dari aplikasi yang ada di App Store (logika ini jelas memang cacat, karena banyak developer yang memiliki hanya aplikasi gratis ataupun aplikasi berbayar, meskipun hal ini bisa memberikan kita ide yang lain). 19,5 milyar download dikurangi (230.194.884 download untuk 102 aplikasi top teratas per bulan Desember x 12 bulan [9]) menjadi 2.762.338.608 untuk aplikasi top gratis dan (sebelumnya ditemukan hasil sebesar 355.336.000 download dalam sepuluh bulan x 12 bulan / 10 bulan) sebesar 426.403.200 untuk aplikasi top berbayar yang mana sejumlah 16.311.258.192 kali download sebagai bahan pertimbangan kita.

16.311.258.192 download x $0,0896 per download memberikan kita hasil sebesar $1.461.488.734 untuk nilai developer berperingkat “rata-rata”. $1.461.488.734 dibagi 774.175 aplikasi di bulan Januari [8] (dikurangi 250 yang berupa akun-akun aplikasi top) sekarang bernilai $1.887,80 per aplikasi dalam setahun, jadi untuk 2 buah aplikasi menghasilkan $3.775,6 untuk developer berperingkat “rata-rata” setiap tahunnya.

Jumlah ini sangat jauh jika dibandingkan dengan biaya yang Apple kenakan untuk registrasi akun developer sebesar $99 pertahunnya. Bagaimanapun, jumlah aplikasi akan bertambah dengan sangat cepat, dibutuhkan bantuan liputan media ataupun promosi-promosi untuk dapat benar-benar membuat jumlah download sebuah aplikasi bertambah. Jika tidak, dalam kasus perhitungan kita diatas -jika kurang dari setengahnya- dari aplikasi-aplikasi yang ada di App Store, aplikasi-aplikasi tersebut akan cepat runtuh dan berada pada posisi yang sulit untuk diperbaiki kembali. Perhitungan diatas, mengesampingkan data dan riset, tidaklah cukup mewakili para developer yang memiliki banyak aplikasi yang berada di urutan level bawah, yang bisa dikatakan level dengan jumlah aplikasi paling banyak. Kita bisa saja mengasumsikan para developer ini hanya mendapatkan 10 kali download selama satu bulan dengan harga aplikasi $1.99. Setelah dipotong 30% komisi untuk Apple, para developer ini masih bisa menghasilkan $167,16 pertahunnya, yang mana bisa menutupi biaya member tahunan mereka. Tapi, mari kita mulai lagi kebelakang.

Jika rata-rata sebuah aplikasi di App Store, termasuk yang gratis, berharga $1.48 [6], maka dibutuhkan 87 download tiap tahunnya untuk bisa menghasilkan $128.70 (30% dari hasil ini adalah hak Apple) yang dibutuhkan untuk membayar biaya perpanjangan developer. Saya tidak bisa menentukan seberapa besar yang harus dihasilkan oleh aplikasi berbayar dari ambang batas ini, walau jika tanpa promosi apapun, normalnya, sebuah aplikasi berbayar bisa mendapatkan setidaknya 20 download pada bulan pertamanya dan akan terus berkurang di bulan-bulan berikutnya (ini merupakan tren yang terjadi pada sebuah aplikasi yang telah kehilangan prinsip-prinsip untuk menarik download). Jikapun kita menghitung dan mengikuti nilai 20 download ini, secara realistis, bisa menghasilkan 90 download selama setahun, yang juga cukup untuk membayar biaya perpanjangan developer.

TL;DR saya hampir bisa simpulkan seluruh developer bisa menghasilkan lebih dari $99 yang dibayarkan hanya melalui sebuah aplikasi. Asumsi ini jika menggunakan jumlah download yang dihasilkan di paragraf terakhir.

[1] Android catching up to Apple for developer payout
[2] App Store Metrics (Januari, 2012)
[3] App Store Metrics (akhir Oktober, 2012)
[4] Xyologic – App Stats
[5] App Store Metrics (price stats)
[6] App Store Metrics (current volume stats)
[7] App Store Tops 40 Billion Downloads with Almost Half in 2012
[8] App Store Metrics (Januari, 2013)
[9] Xyologic – App Stats

 

Sumber  : https://fajarnugraha.com

Advertisements