Bismillah

 

“Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”

Kali ini kita mau share tentang perjalanan kita ke gontor. Kalau dengar gontor, yang selalu terbayang di pikiran adalah sebuah pesantren yang terkenal itu, dan dari sana juga terlahir tokoh tokoh hebat di Indonesia, dan yang paling bikin ingat gontor itu adalah novel Menara 5 benua, dll. (lupa soalnya. Hehe)

Benar sih, tapi kali ini tujuan kita ke gontor adalah ikut lomba. Lomba yang diadakan oleh University Of Darussalam Gontor. Awalnya siswa yang ikut lomba itu ada 2 team. Lulus hingga babak seleksi proposal. Pada saat implementasi aplikasi yang satunya apps nya gak jadi sehingga tidak di submit dan lulus final. Alhasil yang lulus hingga final cuma 1 team. Nama team nya Elfata Dev.

elfata

Pengumuman Lolos Final

Singkat cerita pengumuman lolos seleksi final sekitar tanggal 5 september. Kemudian sekitar tanggal 7 september kita udah beli tiket kereta tujuan madiun. Dan dari madiun nanti d jemput oleh panitia untuk di antar ke kampusnya.

Waktu itu kita beli tiket buat hari senen 13 september. Bertepatan dengan hari ied adha. Hari sabtu minggu sebelumnya aku ke bandung, ketemu sama client disana. Balik ke rumah hari minggu. Bolak balik gitu sih. Dari Jakarta – bandung. Bandung – Citra Indah , Citra Indah – Slipi, Slipi – Pasar Senen. HUft keliatan sok sibuk banget ya. Hihi

Pada hari senen habis shalat ied sekitar jam 8an. Habis itu pulang ke rumah, pas di jalan di ajak tetangga lebaran ke rumahnya. Maklum punya tetangga manten baru. Jadi udah ada yang masakin #ehhh

Ngobrol sekitar jam 9an habis itu ke SPBU dan balik ke rumah beres – beres. Maklum masih single jadi musti beres beres rumah sendirian. Sampe jam 11an baru selesai. Alhasil ke halte buat ke slipi buru-buru . hehe * kok jadi curhat ya

Sampai di slipi sekitar jam 2 siang, habis itu ternyata di kantor baru selesai bakar bakar sate, akhirnya makan sate dulu sambil santai2, sktar jam 4 sore baru berangkat ke stasiun pasar senen. DIsana baru ketemu sama ervan yang mau ikut lomba ke gontor.

Di stasiun kita nyantai dulu karena keberangkatan jam 6 sore. Nyari makan, dan istharat sejenak, sekitar jam 5 baru chekin dan masuk ke stasiun.

2016-09-12

Pada saat akan masuk ke kereta tujuan madiun

img_0809

Tiket kereta madiun – yogyakarta

Sekitar jam 6 sore kereta tujuan madiun sudah sampe, kita naik kereta. Dan di sepanjang perjalanan kita lebih banyak tidur sih, biar pas lomba tetap fit.

Esok nya sekitar jam 5 subuh sampe di madiun, shalat shubuh dan kontak panitia yang akan jemput,. Ketika itu panitia nya baru bisa jemput sekitar jam 6 pagi. Sekitar jam 6.20 wib pagi kita naik bis yang sudah di sediakan panitia, kemudian sampai d kampus sekitar jam 7.45 wib. Cukup jauh sih dari madiun ke kampus universitas Darussalam nya.

Sampai di sana kita di antarin ke asarama mahasiswa disana. Ada ruangan besar yang didalamnya waktu itu sudah ada sekitar 7 orang. Mhhm.. is It right? Awalnya agak pesimis gtu, beneran ini penginapannya? No Comment lah untuk penginapannya.

Sekitar jam 9 kita diminta buat siap – siap dan sekitar jam 10 pagi kita ke kampus lantai 4 ikut seminar kuliah umum yang disampaikan oleh kemenristek dikti.

img_0812 img_0814

Photo Gedung dari Lantai 4

Awal – awalnya mata masih melek pas di pertengahan udah mulai keliatan 5 watt. Tanpa sadar udah ketiduran di bangunin azriel katanya ngorok. HAHAHAHAHHAHA

img_0822 img_0820

Selepas acara pembukaan

 Pas liat sekeliling ruangan banyak juga yang udah ketiduran dan ngoroknya juga keras-keras lagi. Malu – maluin aja padahal yang ngomong dari bapak mentri lho. Mungkin karena suasana nya yang adem ditambah emang waktunya tidur siang makanya tidurnya enak. Hheh

Selesai acara pembukaan dan seminar sekitar jam 1an siang, Setelah itu makan siang dan shalat dzuhur. Ada waktu senggang hingga jam 4 sore nanti untuk technical meeting. Aku bersama team masih beresin yang dirasa kurang – kurang. Masih ada sedikit bug bug yang ngeganjal.

Jam 4 mulai berkumpul dan technical meeting selesai kira-kira hamper magrib. Selepas magrib kita makan malam di kantin kampus disana, makananya masakan jawa gitu, tapi harganya kantong mahasiswa banget. Hehe

Di kantin hingga waktu isya tiba. Kemudian kita ke masjid, Selesai shalat isya kita nyari posisi yang wuenak buat mojok, Masih mau beres-beresin buat persiapan persentasi besok. Azriel sibuk ngafal – ngafal teks buat persentasi. Dan ervan design buat bahan persentasi.

img_0838

Suasana Kantin Mahasiswa

Kita di masjid sampai diusir secara halus oleh pihak mesjidnya denga mematikan lampu. Heheh waktu itu sudah jam 11 malam kalua tidak salah. Akhirnya kita balik ke asarama lagi.

Sesampai diasarma sebagian sudah ada yang tidur dan sebagian masih ada yang persiapan buat persentasi besok.

Sekitar jam 4 pagi sudah bangun subuh, ke masjid habis itu prepare buat persentasi. Karena team kita dapat jadwal persentasi no 1 jadi azriel dan ervan keliatan tegang banget, Sesekali bercanda biar gak gerogi katanya. Hahah

Si azriel masih sibuk dengan kertas catatan yang ia tulis semalam, komat Komit sembari mengfahal point per point untuk per sentasi. Bahkan beberap menit menjelang masuk ke ruang persentasi masih menghafal *anak rajin ciyee padahal gerogi . haha

img_0846

Belajar Persentasi

Sekitar jam 08.15 wib team sudah di minta buat masuk ke ruang persentasi, persiapkan semua bahan persentasi dan kemudian ervan dan azrile memulai persentasi. Alhamdulillah persentasinya bisa dibilang cukup lancar aman dan terkendali, tapi lagi lagi agak keok di bagian sesi pertanyaan. Hihihi

Pertanyaaan dewan juri layaknya bak interogasi, satu per satu pertanyaaan dilontarkan, azriel dan ervan mulai keliatan kelagapan. Hahaha kalua tidak salah ada sekitar 6 pertanayaan dan ada juga masukan untuk segi design dan development. Dan salah satu dewan juri waktu itu sempat bilang “Aplikasi nya mirip dengan apa yang sedang sekarang saya coba kembangkan di malang, mungkin nanti saya bisa pakai aplikasi ini dan dikembangkan. Daripada bikin baru. Heheh”

img_0847 img_0848 img_0855 img_0852

Suasana Persentasi

Senyum sumpil mulai menghiasi wajah mereka yang berdiri di depan, setidaknya raut tegang sudah tidak terlalu terpancar di wajahnya.

Tak lama kemudian sesi pertanyaan selesai dan persentasi di tutup, Kita bersalaman dengan panitia dan juri sembari keluar ruangan.

Huft.., ada perasaan lega, akhirnya sudah selesai. Beban sudah berasa berkurang, sekarang tinggal nunggu waktu buat expo besok dan pengumuman.

Untuk masalah hasil, aku sering sampaikan kepada team bahwa hasil akhir kita serahkan kepada Allah, yang penting udah usaha, tawakkal. Dan percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.

img_0870  img_0860 img_0858

Foto foto selepas persentasi

img_0892img_0894

Persiapan Expo

Singkat cerita ke esokan hari nya, hari kamis 15 september expo di mulai,, kita sudah persiapkan stand dan lain – lain. Pengunjung sudah mulai berdatangan, team mulai mendemokan apps nya kepada pengunjung yang datang. Saat itu pada lomba application ada 8 team yang bersaing, Sekilas dari kasat mata yang aku liat ada sekitar 3 team yang bisa dibilang lawan yang cukup tangguh.

img_0926

img_0932 img_0937

Suasana Pada saat expo

Sekitar jam 1 siang, expo sudah selesai dan saat nya pengumuman pemenang. Jreengg jreeng…

Suasana panas mulai terasa, hihi

Azriel dan ervan keliatan deg deg an banget,

 

Pada saat MC memberikan pengumuman, aku berdoa agar nama team kita kepanggil sebagai juara 1. Karena standard dari sekolah kita musti juara 1. Kalau juara itu juara 1 bukan juara 2 juara 3. Juara dunia moto Gp aja itu yang no 1, no 2 cuma penggembira. Hehe

Dari big boss juga sudah bilang “Kalau nanti azriel sama ervan cuma juara 2 atau 3 nanti pindah sekolah aja ya. Masak finalis mulu. “ I know this is only motivation to be a winner  but ini anti mainstream banget. Hahaha mungkin karena selama ini kita juara 3 udah pernah, juara 2 juga udah pernah,. Nah harapan bapaknya kita bisa juara 1.

Sesekali aku pernah nanggapin “Kalau buat naik kelas itu dari jenjang bawah dlu pak, baru naik ke tingkat atas, Mungkin kita butuh beberapa jenjang lagi buat sampai ke atas pak. Heh”

Mulai dari senne pak bos udah nanyain, “ yang di gontor gimana ? kalah lagi?” hingga kamis begitu. Hehe

Pas pengumuman kita dapat juara 2 sebenarnya udah bersyukur banget tapi gak berani post langsung ke group. Takut ntr d ledekin lagi, hehe akhirnya post d akun sendiri aja. Eh ternyata kepsek post ke group juga. Hehe

Pas pengumuman juara 2, si azriel langsung maju kedepan, senyum nya mulai lebar tapi masih keliataan gugup dan tegang. Di podium berfoto bersama dengan para pemenang lain dan di kasih beberapa hadiah. Hmmhm .. I’m very proud of you All 🙂

img_0986 img_0982 img_0981 img_0978 img_0977 img_0976

Processed with Snapseed.

img_0957 img_0946

Seneng banget sih liat mereka bisa juara lagi, meski belum juara 1 tapi sudah seneng banget.

 

Pas sudah turun dari podium kasih salaman, dan ngucapin selamat. Dan azriel bilang “uda, aku masih rasa nggak percaya bisa juara 2. Alhamdulillah ya bisa juara “

 

Setelah ada pengumuman dari panitia untuk mengambil hadiah lomba dan kita sempat berfoto-foto juga.

Selesai acara azriel masih cerita “Uda, alhamdulillah ya bisa juga ya buat bayar hu***tang . soalnya kepikiran mulu . Nih jujur ya da, baru kali ini aku seneng dan orang tua ku senang aku menang lomba. Dulu pernah menang lomba game gitu pas nyampe rumah bilang ke mamah tapi di cuekin . Menang lomba apaan game kyak gitu, rasanya sakit da. Alhamdulillah sekarang mamah sama papah senang bisa dapat juara lomba ini, da.”

 

“Hehe alhamdulillah ya. “

Exactly, aku juga bangga banget bisa liat mereka senang. “Sometimes bahagia itu berasal dari hal – hal yang sederhana. Melihat orang lain bahagia salah satunya”

 

Sore hari nya selepas shalat ashar kita ke pesantren gontor putra yang terkenal itu. Ternyata jaraknya tidak cukup jauh, kalua naik ojek pp 30rbu. Hmmh dsana santri keliatan sibuk banget, ada yang mondar mandir bawa peralatan camp, ada yang olahraga, ada yang nenteng alquran dan buku kemana-mana. Subhnalllah suasana yang santri banget lah, cita-cita waktu masa sekolahan dulu. Hehe

img_1005

Pondok Pesantren Gontor

Karena disana sedang ada legiatan dalam rangka 90 tahun nya gontor jadi kita tidak banyak bisa bertanya-tanya. Akhirnya karena kecapek an juga kita pulang dan istirahat dan ternyata pas kita sampe di kampus lagi panitia bilang bahwa untuk ke madiun hanya malam ini, bsok pagi tidak ada . Alhasil kita tidak punya pilihan lagi selain nginap di kereta semalaman. Hihi

Processed with Snapseed.

img_0876 img_0881 img_0896 img_0873 img_0871

Beberapa foto galeri selama di UNIDA

Esoknya sekitar jam 10an kereta kita tujuan ke Yogyakarta sudah datang dan ervan tujuan ke pasar senen. Kita berpisah di kereta karena masih ada kegiatan ke purwokerto untuk training.

img_1016 img_1019

Naik kereta eksekutif ke yogyakrta *yeay

Mungkin itu yang bisa di share kali ini. Setiap pelajaran dan hikmah. Alhamdulllah ada sejarah baru yang di ukir, ada bahagia baru yang tercipta, Semoga tetap semangat dan tetap berjuang adik –adikku.

screen-shot-2016-09-18-at-10-36-22-pm after6-1024x499

Semoga kira bisa terus bisa membuat orang lain bahagia dan semoga dengan lelah nya kita menjadi lillah dan pemberat timbangan di akhirat kelak.

Aamiin 🙂